Pastikan Konstruksi Anda Baik itu Jalan Raya, Rel Kereta Api, Ataupun Penahan Erosi Pantai Menggunakan Geotextile Berkualitas

Fungsi Geotextile

  • Sebagai Separator
  • Sebagai Filter / Penyaring
  • Sebagai Stabilisator
  • Sebagai Protection

Geotextile memiliki dua kategori yaitu Woven Geotextile dan Non Woven Geotextile dimana masing-masing memiliki keunggulan tergantung dari bidang tanah yang digunakan

Woven Geotextile

Lembaran geotextile yang terbuat dari bahan serat sintetis tenun dengan tambahan pelindung Ultraviolet.

Bahan baku Woven Geotextile adalah Polypropylene Polimer (PP) ataupun Polyester (PET) yang dianyam/dirajut dengan mesin berteknologi modern.

Woven Geotextile sendiri telah melewati hasil test dan riset di Laboraturiom dengan mengikuti standar ASTM, antara lain kekuatan tarik, Kekuatan terhadap tusukan, Sobekan, Kemuluran, dan Ketahanan terhadap micro organisme, bakteri, jamur, dan bahan Kimia.

Non Woven Geotextile

Lembaran yang terbuat dari bahan serat-serat / polimer berbahan baku polypropylene ataupun polyester yang diolah secara mekanis dengan mesin berteknologi modern, dengan standar kontrol kualitas yang tinggi, yang kemudian menghasilkan suatu lembaran yang memiliki karakteristik yang baik sebagai separator, filtrasi, Erosion Control, dan Protection.

Materian ini telah teruji pada laboratorium independen terkemuka di Indonesia dan sesuai dengan standar ASTM.

Aplikasi Geotextile

1. Separator

Material ini memisahkan antara tanah dasar yang lunak, tanah kembang susut (ekspansif) dengan granular, tanah urugan diatasnya, sehingga tebal desain granular akan tetap bisa tejaga.

Sebagai pemisah, Geotextile ini mencegah kontaminasi butisan kasar urugan untuk badan jalan dengan tanah dasar lunak, dengan mencegah bercampurnya bahan lapisan badan jalan, kekuatan dan kekauan yang diperlukan dalam fungsinya sebagai penyebar beban permukaan dapat tetap terjaga.

Sebagai separator geotextile mencegah hilangnya agregat sekaligus mengurangi jumlah material pengisi (urugan) yang pada akhirnya akan menghemat biaya pelaksanaan dan juga pemeliharaan. Aplikasi untuk konstruksi jalan. reklamasi, jalan kereta api, timbunan, area parkir, dll

2. Filtrasi & Drainase

Material ini mempunyai permeabilitas yang cukup bagus sehingga sangat efektif untuk filtrasi. Dimana memungkinkan air bisa melewati atau melalui pori-pori material ini, namun tetap bisa mencegah berpindahnya partikel-partikel tanah. Aplikasi untuk filtrasi pada lapangan olahraga, seperti struktur drainase dibawah lapangan bola, lapangan golf, switch yard, french drain, roof garden, dll

3. Erosion Control

Penggunaan maaterial ini sebagai erosion control dibawah struktur revertment, riprap pantai, coastal breakwater, jetty, konstruksi di belakang bronjung merupakan alternatif yang terbaik guna mencegah tergerusnya tanah melalui celah-celah granular material akibat hempasan air atau ombak.

4. Protection / Pelindung

Di beberapa konstruksi, penggunaan material Gomembran untuk impemeable liner, non woven geotextile ini disarankan dipakai sebagai pelindung untuk mencegah terjadi kerusakan pada material yang dilindungi.

Dokumentasi Pengerjaan Project Menggunakan Geotextile

Keuntungan Menggunakan Geotextile

  • Mencegah bercampurnya tanah dasar lunak dengan tanah urugan diatasnya.
  • Mempunyai kekuatan tarik yang cukup tinggi
  • Mencegah terjadinya penurunan yang tidak merata (defferential settlement)
  • Menghemat Biaya Rehabilitasi dikarenakan fondasi jalan yang lebih stabil
  • Harga pemasangan dan bahan yang murah
  • Mengurangi biaya untuk mengganti tanah lunak
  • Mengurangi material timbunan
  • Mempercepat waktu konstruksi
  • Menambah atau meningkatkan subgrade bearing capacity CBR tanah dasar
  • Ketahanan terhadap micro organisme, jamur, dan bahan-bahan kimia

PT Pandu Equator Prima

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede ‚Äď Bekasi 17411 Indonesia

Mobile : 0811-1116066

Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765, Fax : (62-21) 8463504,

Email : office@pandu-equator.com

Kontak Kami

13 + 1 =