Jual Erosion Control Mat / Geomat

EROSION CONTROL MAT ( EM ) adalah material yang biasa digunakan untuk mengurangi laju air pada permukaan tanah sehingga dapat mencegah terjadinya pengikisan permukaan tanah atau erosi.

Info Harga dan Spesifikasi Teknis

Erosion Control Mat

Apa Fungsi Erosion Mat Control ?

Seperti namanya fungsi material ini adalah untuk mencegah terjadinya erosi pada tanah lereng. Bentuknya sendiri berupa lembaran dan memiliki rongga sehingga memungkinkan rumput untuk tembuh di sela-sela rongga tersebut, Dengan tumbuhnya rumput maka akan semakin memperkuat tanah dengan baik

erosion control mat

Installasi Erosion Control Mat

  • Pastikan permukaan tanah lereng yang akan dipasang geomat telah halus & tidak bergelombang.
  • Diatas lereng dibuat galian / parit kemudian material Erosion Control (mat) dimasukkan sepanjang 50cm – 100cm, yang berfungsi sebagai angkur supaya material erosion control (mat) tidak slip / bergerak turun.
  • Gelar roll dari material erosion control menuruni lereng, dan mantapkan posisi nya menggunakan pin/angkur dari kayu / plastik / besi dengan interval 25cm – 30cm (ditancapkan ke tanah).
  • Pin kayu/plastik tersebut diatas masing-masing sepanjang 20cm untuk tanah yang cukup keras atau bisa lebih untuk tanah yang lunak.
  • Untuk lereng yang bergelombang dibutuhkan lebih banyak pin untuk memastikan material erosion control (mat) menempel erat dengan tanah di semua permukaan.
  • Ujung dari roll material erosion control (mat) di overlap sepanjang minimal 5cm dan dimantapkan posisinya menggunakan pin besi diameter minimal 3mm, berbentuk U dengan panjang 20cm – 30cm dengan lebar 10cm (ditancapkan ke tanah), dengan interval 15cm. Untuk alat bantu dapat digunakan cable tie.
  • Bibit rumput harus dipilih yang sesuai dengan iklim lokal dan jenis tanah yang dipakai. Dan dapat disebar diatas material erosion control (mat) sebelum tanah permukaannya atau dapat juga bibit terlebih dahulu dicampur dengan tanah kemudian disebar diatas material erosion control (mat). Tanah lokal yang berkualitas baik sangat diperlukan agar rumput tumbuh dengan cepat.
  • Tanah permukaan harus menutup seluruh permukaan dari material erosion control (mat) untuk menghindari sinar matahari langsung.
  • Setelah selesai menanam, kelembaban dari tanah harus pada level 60% – 70%, dan bila temperatur/suhu lokal tinggi, non woven geotextile yang sangat ringan dapat digunakan menutupi permukaan, untuk menjaga kelembaban. Non woven geotextile dapat diangkat bila pertumbuhan rumput telah mencapai panjang 5cm – 6cm.
  • Sangat penting untuk memasang material erosion control (mat) dan menanam rumput pada musim hujan supaya pertumbuhan rumput lebih optimal. Atau dilakukan penyiraman yang teratur.

Catatan

  • Cara diatas cocok untuk lereng dengan kemiringan 1 : 0,7, dengan rumput atau tanaman lokal sejenis lainnya.
  • Tidak cocok untuk digunakan dibawah permukaan air yang tetap ataupun permukaan air yang pasang surut.

Informasi Harga dan Spesifikasi Erosion Control Mat

Hubungi Kami, Cukup Klik Tombol Berikut.

Contact

Head Office

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Call Us

0811 – 111 – 6066

EMAIL US

office@pandu-equator.com