Geofoam sebagai Pengganti Tanah Timbunan pada Konstruksi Sipil

Info Harga dan Spesifikasi Teknis

GEOFOAM

1. Pendahuluan

Banyaknya penelitian tentang penggunaan EPS (Expanded Polystyrene), penggunaan material tersebut sudah semakin berkembang bukan hanya digunakan sebagai pembungkus dan material dekorasi saja tetapi sudah berkembang sebagai material pada konstruksi sipil. Material EPS yang digunakan pada konstruksi sipil ini disebut EPS Geofoam. EPS Geofoam adalah High Density Polystyrene (EPS) yang dibentuk sebagai balok besar ringan yang digunakan dalam bidang konstruksi. EPS Geofoam diperkenalkan dalam dunia konstruksi pada tahun 1972 di Norwegia pada pembuatan jalan di tanah yang labil (poor soil), seiring dengan berjalannya waktu penggunaan EPS Geofoam berkembang penggunaanya pada pembuatan jalur LRT yang diterapkan di USA, Utah, Salt Lake City. Berat jenis EPS Geofoam yang sangat ringan yaitu sekitar 1/10 atau 10% dari rata-rata berat tanah urugan pilihan, material tersebut dapat mengurangi beban yang harus ditanggung oleh tanah dasar dengan sangat signifikan sehingga akan mengurangi dan memperlambat proses penurunan (settlement) pada tanah dasar terutama tanah lunak.
Geofoam untuk jalan
Geofoam

Gambar 1 Penggunaan EPS Geofoam pada Jalan

2. Mengapa harus EPS Geofoam?

Adapun alasan EPS Geofoam digunakan dalam bidang teknik sipil terutama sebagai pengganti timbunan yaitu :

 

  1. Ringan
    EPS Geofoam diproduksi dengan density antara 15 hingga 45 kg/m3. Sebagai perbandingan, density tanah : 1.000 – 2.000 kg/m3, beton : 2.000 – 2.400 kg/m3, bata merah : 1.500 kg/m3 dan bata ringan : 500-600 kg/m3.
  1. Kuat
    Dengan berbagai density yang bias dipilih, EPS Geofoam mempunyai nilai ketahanan tekan 1% antara 15 – 128 kPa ( 1,5 – 12,8 ton/m2)
  1. Penanganan yang mudah
    EPS Geofoam disupply dalam bentuk balok maupun lembaran yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan sehingga saat tiba di proyek tingga disusun saja. Perubahan bentuk di lapangan juga mudah dilakukan dengan menggunakan alat yang sederhana.
  1. Mempersingkat waktu kerja
    Waktu kerja proyek juga lebih cepat karena di lapangan tidak memerlukan beberapa proses hanya tinggal disusun saja misalnya saja pada timbunan tanah memerlukan 2 proses kegiatan yaitu penghamparan tanah dan pemadatan sedangkan menggunakan EPS Geofoam hanya cukup satu proses yaitu penyusunan saja.
  1. Penghematan biaya
    Selain waktu proyek yang lebih cepat pengerjaanya, penggunaan EPS Geofoam juga dapat menghemat biaya pada supporting struktur lainnya. Dengan beban yang ringan, tidak diperlukan struktur penunjang yang besar.
  1. Stability
    Penggunaan EPS Geofoam yang tepat dianggap sebagai material yang permanen.
  1. Insulasi
    EPS Geofoam merupakan insulasi panas maupun suara yang sangat baik.
  1. Sustainbility
    Karena beban yang ringan, EPS Geofoam tidak membutuhkan delivery dengan truk yang berukuran besar sehingga dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan memperkecil polusi yang terjadi.

EPS Geofoam dalam penggunaannya pada konstruksi sipil haruslah memenuhi syarat ASTM D6817 yang ditunjukkan pada tabel di bawah ini.

ASTM Geofoam

3. Penutup
PT. Pandu Equator Prima bergerak dibidang supplier geosintetik, menjual EPS Geofoam sebagai material untuk pengganti timbunan diatas tanah lunak.

Untuk konsultasi mengenai pengadaan dan pemasangan EPS Geofoam pada proyek yang Anda kerjakan dan juga proyek yang sedang Anda Rencanakan bisa hubungi Kami.
Salam sukses selalu dari kami PT. Pandu Equator Prima

Informasi Harga dan Spesifikasi Geofoam

Hubungi Kami, Cukup Klik Tombol Berikut.

Contact

Head Office

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Call Us

08111116066

EMAIL US

office@pandu-equator.com