Penggunaan Geomembrane Sebagai Pelapis Kolam Limbah Untuk Mencegah Kebocoran

Info Harga dan Spesifikasi Teknis

GEOTUBE

Industri kelapa sawit adalah satu penyumbang devisa terbesar di Indonesia, bahkan berdasarkan data eksport selama tahun 2019 terjadi peningkatan sebesar 4% dibandingkan tahun 2018, dari 34,7 juta ton menjadi 36,17 juta ton.

Hal ini cukup menggemberikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, namun dibalik pesatnya peningkatan eksport kelapa sawit ini terdapat masalah limbah yang harus ditangani dengan baik. Karena jika tidak dikelola dengan baik akan menberikan dampak buruk bagi lingkungan.

Oleh karena itu pemerintah telah mengeluarkan perangkat Hukum berupa undang-undang mulai dari peraturan daerah hingga peraturan nasional yang mewajibkan untuk dilakukan pengolahan limbah sebelum akhirnya dibuang ke sumber air.
Maka diwajibkan bagi setiap industri yang menghasilkan limbah produksi untuk memiliki tempat pengolahan limbah, dalam Industri sawit ini biasanya dibangun kolam limbah untuk pengolahan limbah.

Tentunya kolam limbah ini harus memenuhi spesifikasi khusus salah satunya limbah tidak merembes keluar kolam sehingga terserap oleh tanah. Untuk menanggulangi hal tersebut dapat digunakan material geomembrane sebagai lapisan agar tidak terjadi rembesan yang dapat mencemari tanah.

Mengapa Geomembrane ?

Gudang Geomembran HDPE

Geomembrane yang banyak digunakan di Indonesia terutama untuk lapisan kolam limbah adalah Geomembrane HDPE (High Density Polyetylene) dimana material ini memiliki sifat impermeabilitas tinggi (kedap air) serta tahan terhadap cairan kimia dan paparan sinar matahari.

Material Geomembrane ini juga flexible sehingga mudah dibentuk, namun sebelum membeli pastikan telah dilakukan perhitungan dengan cermat mengingat ada beragam spesifikasi yang beredar dipasaran salah satunya adalah variasi ketebalan material dimana harus disesuakan dengan komposisi kimia dari cairan limbah, suhu dan kondisi tanah dilapangan.

Secara biaya pemakaian Geomembrane ini lebih murah dan effien dibandingkan membangun konstruksi beton.

Baca Juga : HDPE Geomembrane Pengganti Konstruksi Beton pada Kolam Limbah

Pemasangan Geomembrane ?

Pemasangan Geomembrane HDPE

Pemasangan geomembrane juga harus memperhatikan kondisi tanah permukaan, jika partikel tanah permukaan cukup tajam sehingga dapat merobek geomembrane maka biasanya dilakukan dulu pelapisan menggunakan geotextile untuk melindungi geomembrane dari tusukan partikel tanah yang tajam, baru kemudian dipasang Geomembrane HDPE di atasnya.

Jika lokasi kolam limbah berada pada muka air tanah yang tinggi maka sangat mungkin terjadi gelembung pada geomembrane yang terpasang. Untuk mecegah hal ini terjadi maka dapat dilakukan hal berikut :

  • Pembuatan under drainmenggunakan pipa perforated atau geopipe yang dibungkus dengan geotekstil dan dipasang pada dasar kolam. Kemudian dilakukan pemasangan pipa pvc pada tepi kolam untuk mempermudah pemompaan air tanah dari bawah geomembrane pada saat pelaksanaan pemasangan geomembrane dan sebelum kolam terisi.
  • Pemasangan counterweight, dapat berupa sand bag atau beton pracetak, dengan jumlah yang disesuaikan dengan ketinggian muka air tanah agar tidak terangkat.

 Untuk kolam limbah yang sudah pernah diisi dengan limbah untuk mengurangi potensi terjadinya whale (gelembung geomembrane) disarankan untuk dilakukan :

  • Pembuatan gas release dengan desain yang sama seperti pembuatan under drain yaitu dengan pemasangan pipa perforated yang dibungkus dengan Geotextile pada dasar kolam (dibawah Geomembrane) dan pipa pvc pada tepi kolam untuk mempermudah aliran gas dari bawah kolam keluar ke permukaan.
  • Pemasangan counterweight, dapat berupa sand bag atau beton pracetak, juga diperlukan, untuk jumlahnya agar disesuaikan dengan kondisi tanah dasar kolam dan kemungkinan gas yang timbul

Penutup

Untuk konsultasi mengenai pengadaan dan pemasangan geomembran hdpe pada proyek yang Anda kerjakan dan juga proyek yang sedang Anda Rencanakan bisa hubungi Kami di (021) 84995477, 84999534, 84994765.

Salam sukses selalu dari kami PT. Pandu Equator Prima

Artikel Lainnya

Proses Instalasi Geomembrane Pada Proyek Water Pond di Jawa Barat

Proses Instalasi Geomembrane Pada Proyek Water Pond di Jawa Barat

Proses Instalasi Geomembrane Pada Proyek Water Pond di Jawa Barat Info Harga dan Spesifikasi TeknisGeomembraneProyek ini adalah pembuatan Water Pond di Cianjur Jawa barat, dan kami dipercaya untuk menyuplai material Geomembrane HDPE. Geomembrane HDPE adalah jenis yang...

Informasi Harga dan Spesifikasi Geomembrane HDPE

Hubungi Kami, Cukup Klik Tombol Berikut.

Contact

Head Office

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Call Us

08111116066

EMAIL US

office@pandu-equator.com